Al-Ilmu

"Ambillah kebaikannya dan tinggalkan jika tidak sesuai tanpa mencelanya"

Jurnal Penelitian Pendidikan

Blog ini menyediakan: Jurnal-Jurnal Pendidikan, Prosiding, E-Book, serta Materi Kuliah yang free akses

Sabtu, 17 Februari 2018

EFFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

EFFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Baiq Maria’ul Azmi1, Irzani2, Nurul Lailatul Khusnial3

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas strategi Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas VII MTsN 3 Mataram Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Negeri 3 Mataram dengan jumlah siswa sebanyak 136 orang dan sampelnya dengan jumlah siswa 67 orang adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Beradasrkan hasil analisis pos-tes diperoleh nilai rata-rata eksprimen sebesar 73,24 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 62,33 dan data homogen serta terdistribusi normal uji yang digunakan untuk hasil analisis hipotesis pos-tes adalah polled varian. Hasil analisis dengan uji-t diperoleh thitung= 3,97 pada dk= n1+n2-2, 34+33-2= 65 dan ttabel= 5%(t0,05,65)=1,67 sedangkan pada taraf signifikan 1% didapatkan ttabel=2,39 atau (t0,01,65)=2,39. Jadi pada dk= 65, ttabel 5% < thitung =1,67 < 3,97 kemudian ttabel 1% = 1,67< 3,97. Berarti dalam hal ini pada taraf signifikan 5% atupun 1% dapat diterima. kesimpulannya H0 ditolak baik dengan taraf kepercayaan 5% ataupun 1%. Berarti Ha diterima dengan kata lain strategi problem based learning efektif terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas VII MTsN 3 Mataram tahun Pembelajaran 2013/2014.

Kata kunci: Problem Based Learning; Kemampuan Berfikir Kreatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar