EFFEKTIVITAS STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PESERTA DIDIK
Baiq Maria’ul Azmi1, Irzani2, Nurul Lailatul Khusnial3
Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas strategi Problem Based Learning terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas VII MTsN 3 Mataram Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs. Negeri 3 Mataram dengan jumlah siswa sebanyak 136 orang dan sampelnya dengan jumlah siswa 67 orang adalah kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling. Beradasrkan hasil analisis pos-tes diperoleh nilai rata-rata eksprimen sebesar 73,24 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 62,33 dan data homogen serta terdistribusi normal uji yang digunakan untuk hasil analisis hipotesis pos-tes adalah polled varian. Hasil analisis dengan uji-t diperoleh thitung= 3,97 pada dk= n1+n2-2, 34+33-2= 65 dan ttabel= 5%(t0,05,65)=1,67 sedangkan pada taraf signifikan 1% didapatkan ttabel=2,39 atau (t0,01,65)=2,39. Jadi pada dk= 65, ttabel 5% < thitung =1,67 < 3,97 kemudian ttabel 1% = 1,67< 3,97. Berarti dalam hal ini pada taraf signifikan 5% atupun 1% dapat diterima. kesimpulannya H0 ditolak baik dengan taraf kepercayaan 5% ataupun 1%. Berarti Ha diterima dengan kata lain strategi problem based learning efektif terhadap kemampuan berfikir kreatif peserta didik kelas VII MTsN 3 Mataram tahun Pembelajaran 2013/2014.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar