Al-Ilmu

"Ambillah kebaikannya dan tinggalkan jika tidak sesuai tanpa mencelanya"

Jurnal Penelitian Pendidikan

Blog ini menyediakan: Jurnal-Jurnal Pendidikan, Prosiding, E-Book, serta Materi Kuliah yang free akses

Selasa, 20 Februari 2018

PENGGUNAAN ANALOGI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

PENGGUNAAN ANALOGI DALAM PEMBELAJARAN KIMIA

I Wayan Suja
Jurusan Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Ganesha
Singaraja, Indonesia
e-mail: suja_undiksha@yahoo.co.id

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan dan mendeskripsikan analogi-analogi yang biasa digunakan oleh guru-guru dalam mengajarkan konsep-konsep Kimia di SMA. Penelitian dilakukan pada tahun 2013 dengan melibatkan masing-masing dua orang guru Kimia dari seluruh SMA Negeri dan Swasta yang memiliki Jurusan IPA di Kota Singaraja. Hasil penelitian menunjukkan, guru-guru menggunakan tidak kurang dari 12 kelompok analogi dalam pembelajaran Kimia. Penggunaan analogi-analogi tersebut masih bersifat tunggal dan belum disertai pemetaan kemiripan fitur-fitur analog dengan konsep target. Kondisi itu berpeluang menimbulkan terjadinya over interpretasi dan miskonsepsi bagi siswa.
Kata kunci: analogi, kimia, target

Abstract
This study aimed to determine and describe the analogies used by teachers in teaching of Chemistry concepts in the High School. The study was conducted in 2013 involving each two Chemistry teachers from all public and private high school that has a Science Department in the city of Singaraja. The results showed that teachers use no less than 12 groups of analogy in learning Chemistry. The use of analogies are still single and have not been accompanied similarity mapping features analogous to the target concept. The condition is likely to lead to the occurrence of over-interpretation and misconceptions for students.
Keywords: analogy, chemistry, target

Tidak ada komentar:

Posting Komentar