PENERAPAN STRATEGI BELAJAR ANALOGI DALAM MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA STANDAR KOMPETENSI MENERAPKAN DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 5 SURABAYA
Ibnu Hajar Program
Studi S1 Pend. Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Email: ibnu_hajar4011@yahoo.co.id I. G. P. Asto Budi Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya
Email: asto@unesa.ac.id
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan strategi belajar analogi dalam model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar menerapkan dasar-dasar teknik digital dibandingkan dengan yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. (2) Mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan strategi belajar analogi lebih baik dari pada siswa yang menggunakan strategi belajar konvensional. Metode penelitian ini adalah Metode Quasi Experimental Design menggunakan Posstest Only Control Group Design dimana terdapat kelas ekperimen dengan metode pembelajaran strategi analogi dan kelas control dengan metode pembelajaran konvensional, yang selanjutnya diberikan posstest untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diberi perlakuan yang berbeda. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X TAV1 dan TAV2 SMK Negeri 5 Surabaya tahun ajaran 2013/2014. Dari hasil penelitian yang diperoleh, menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran Strategi Belajar Analogi berbeda dengan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dengan perolehan nilai rata-rata kelas experiment 80,51 dan nilai rata-rata kelas control 75,57. (2) Hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran Strategi Belajar Analogi lebih baik dari hasil belajar siswa dengan metode pembelajaran konvensional dengan perolehan uji-t yakni thitung 3,686 > ttabel 1,67.
Kata kunci: Strategi belajar Analogi, hasil belajar siswa.
Abstract
The purpose of this study is: (1) Determine the difference in student learning outcomes using the analogy of learning strategies in learning model directly on the basis of competence apply the basics of digital techniques compared with that using conventional teaching methods. (2) Determine whether the learning outcomes of students who use learning strategies analogy better than the students who used conventional learning strategies. This research method is a method of using a Quasi-Experimental Design Posttest Only Control Group Design where there is a class experiment with teaching methods and classroom control strategies analogy with conventional learning method, which in turn is given posstest to determine student learning outcomes after different treatments are given.The target of this research is class X TAV1 and TAV2 SMK Negeri 5 Surabaya school year 2013/2014. From the research results obtained, indicate that: (1) The results of student learning with the learning method with different analogies Learning Strategies student learning outcomes using conventional learning methods with the acquisition of the average value of 80.51 and a classroom experiment the average value of the control class 75 , 57. (2) The results of student learning with learning method and Learning Strategies analogy better than the results of student learning with conventional learning methods with the acquisition of the t-test 3.686 t count> t table 1.67.
Keywords: Analogy learning strategies, student learning outcomes.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar