PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DISERTAI DIALOG SOCRATES (DS)TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH KELAS X
Hariatik, Suciati, Sugiyarto
3Program Studi Magister Pendidikan Sains Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Sebelas Maret, 57126, Indonesia
E-mail: Hariatik.kediri@gmail.com
Abstract : Learning needs to be considered internal factors of students, such as problem-solving ability that are very important for students and their future. The result of the test of the students of grade X IPA 4 SMA Negeri 8 Surakarta on Biology subject matter of environmental pollution, problem solving ability is low. This is limited to the results of learning is still product-oriented, which is limited to the application of conceptual learning with rote. Learning model used in overcoming the problem is model Problem Based Learning accompanied by Dialog Soctares (PBLDS). This study aims to determine the influence and interaction of PBLDS in terms of problem solving to affective, cognitive and psychomotor student’ achievement. Subjects in this study were students of class x SMA Negeri 8 Surakarta. This study was included in a quasi experiment using a post-test control design. The data generated in this study were analyzed using anava test. The research instruments used were observation sheets and multiple choice tests. The results showed that the influence and model model of PBLDS viewed from the results of problem solving ability affective, cognitive and psychomotor learning results. This can be seen from the results of the anova test shows a significance value of less than 0.05.
Keywords : PBLDS Model, Learning Outcome, Problem Solving Ability
Abstrak : Pembelajaran perlu memperhatikan faktor internal siswa, misalnya kemampuan memecahkan masalah yang sangat penting artinya bagi siswa dan masa depannya. Hasil tes siswa kelas X IPA 4 SMA Negeri 8 Surakarta pada mata pelajaran Biologi materi pencemaran lingkungan, kemampuan memecahkan masalah tergolong rendah. Hal ini terbatas pada hasil belajar masih berorientasi pada produk, yang terbatas pada penerapan pembelajaran konsep dengan hafalan. Model pembelajaran yang digunakan dalam mengatasi masalah tersebut adalah model Problem Based Learning disertai dengan Dialog Soctares (PBLDS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan interaksi PBLDS ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah terhadap hasil belajar afektif, kognitif dan psikomotor. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas x SMA Negeri 8 Surakarta. Penelitian ini termasuk kedalam percobaan kuasi dengan menggunakan desain kontrol post- test. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji anava. Instrumen penelitian yang digunakan lembar observasi dan tes pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan interaksi model PBLDS ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah terhadap hasil belajar afektif, kognitif dan psikomotor. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji anava menunjukkan nilai signifikansi kurang dari 0,05.
Kata kunci : Model PBLDS, Hasil Belajar, Kemampuan Memecahkan Masalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar