Al-Ilmu

"Ambillah kebaikannya dan tinggalkan jika tidak sesuai tanpa mencelanya"

Jurnal Penelitian Pendidikan

Blog ini menyediakan: Jurnal-Jurnal Pendidikan, Prosiding, E-Book, serta Materi Kuliah yang free akses

Jumat, 02 Maret 2018

STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH PADA PERKULIAHAN ANATOMI TUMBUHAN UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR MELALUI IDE INOVATIF

STRATEGI PENYELESAIAN MASALAH PADA PERKULIAHAN ANATOMI TUMBUHAN UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR MELALUI IDE INOVATIF


Rinie Pratiwi Puspitawati
Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya
E-mail: rinie_unesa@yahoo.co.id

Abstract: This study aimed to describe the innovative ideas related to the concept of plant natomy and learning outcomes are achieved. This research was carried out by implementing a pattern of lecture-based problem solving. Through problem solving, students can develop the thinking process to find the problem and think about a solution, at the same time bring innovative ideas Indicators of thinking skills that can be used to mark the emergence and possible feasibility of innovative ideas include learning outcomes (1) formulating the proposed study plant anatomy relevant to the phenomenon that is chosen as the background of the results of the appreciation of the performance problem resolution and (2) the visibility of innovative ideas, including ( a) formulation of the problem, (b) the formulation of objectives, (c) the formulation of temporary answer, (d) the definition of the factors or variables that were examined, (e) definition of factors or variables are equal, (f) the definition of the factors or variables were observed, (g ) formulation of outcome indicators, and (h) working draft. The results obtained showed the longer experience of student learning through problem solving, the more students are able to formulate innovative ideas. There is a link between the learning outcomes concept of plant anatomy with the achievements of thinking skills are realized through innovative ideas formulated.

Keywords: Problem Solving Strategies, Plant Anatomy, Innovative Idea

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ide inovatif yang dirumuskan mahasiswa terkait konten materi anatomi tumbuhan dan hasil belajar yang dicapai. Penelitian ini dilakukan dengan mengimplementasikan suatu pola perkuliahan berbasis penyelesaian masalah, yang dapat mengantarkan pemikiran mahasiswa untuk menemukan masalah dan berpikir tentang penyelesaiannya sekaligus memunculkan ide inovatif. Indikator keterampilan berpikir yang dapat digunakan untuk menandai kemunculan dan kemungkinan keterlaksanaan ide inovatif tersebut meliputi hasil belajar (1) merumuskan usulan kajian anatomi tumbuhan relevan dengan fenomena yang dipilih sebagai latar belakang hasil apresiasi terhadap kinerja penyelesaian masalah dan (2) keterlaksanaan ide inovatif , meliputi (a) rumusan masalah, (b) rumusan tujuan, (c) rumusan jawaban sementara, (d) definisi faktor atau variabel yang dikaji, (e) definisi faktor atau variabel yang disamakan , (f) definisi faktor atau variabel yang diamati, (g) rumusan indikator hasil, dan (h) rancangan kerja. Hasil yang diperoleh menunjukkan semakin banyak pengalaman mahasiswa belajar melalui penyelesaian masalah, maka diakhir perkulkiahan 90% mahasiswa yang mampu merumuskan ide inovatif yang didalamnya memuat keterampilan berpikir. Ada keterkaitan antara hasil belajar penguasaan konsep anatomi tumbuhan dengan capaian keterampilan berpikir yang diwujudkan melalui ide inovatif yang dirumuskan.

Kata Kunci: Strategi Penyelesaian Masalah, Anatomi Tumbuhan, Ide Inovatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar