Al-Ilmu

"Ambillah kebaikannya dan tinggalkan jika tidak sesuai tanpa mencelanya"

Jurnal Penelitian Pendidikan

Blog ini menyediakan: Jurnal-Jurnal Pendidikan, Prosiding, E-Book, serta Materi Kuliah yang free akses

Jumat, 02 Maret 2018

Uji Kelayakan Modul Animalia Kontekstual Berbasis Level of Inquiry untuk Siswa SMA di Wilayah Pesisir

Uji Kelayakan Modul Animalia Kontekstual Berbasis Level of Inquiry untuk Siswa SMA di Wilayah Pesisir


Afifah Eka Putri a, 1*, Murni Ramli b, 2, Suciati c, 3

a,b,c Pendidikan Biologi FKIP, Universitas Sebelas Maret, Jalan Ir. Sutami 36A Kentingan, Surakarta 57126, Indonesia
1 afifahekaputri@student.uns.ac.id*; 2mramlim@staff.uns.ac.id; 3 suciati.sudarisman@yahoo.com

ABSTRAK

Pembelajaran materi Animalia secara kontekstual menjadi salah satu solusi untuk mempermudah memahami materi Animalia. Selain itu, penggunaan modul dan model pembelajaran Level of Inquiry (LoI) diharapkan dapat membantu mempelajari materi Animalia. Tujuan penelitian ini, yaitu untuk mengetahui: (1) karakteristik modul Animalia kontekstual berbasis LoI, (2) kelayakan modul Animalia kontekstual berbasis LoI. Metode penelitian menggunakan sembilan langkah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Data yang diperoleh yaitu data hasil validasi ahli, validasi praktisi pendidikan, dan hasil uji coba dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa modul Animalia kontekstual berbasis LoI dikembangkan sesuai sintaks LoI. Modul Animalia kontekstual berbasis LoI dinyatakan layak oleh ahli materi sebesar 85%, ahli pengembangan desain dan keterbacaan modul 91,07%, ahli perangkat pembelajaran 82%, ahli bahasa 81%, praktisi pendidikan 89,42%, dan siswa 87,67%. Hasil uji operasional diperoleh bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih tinggi (73,34) daripada kelas kontrol (65,93) dan terdapat perbedaan signifikansi dengan nilai signifikansi 0,02.

Kata kunci: animalia, kontekstual, level of inquiry, modul sains

Tidak ada komentar:

Posting Komentar