Al-Ilmu

"Ambillah kebaikannya dan tinggalkan jika tidak sesuai tanpa mencelanya"

Jurnal Penelitian Pendidikan

Blog ini menyediakan: Jurnal-Jurnal Pendidikan, Prosiding, E-Book, serta Materi Kuliah yang free akses

Jumat, 02 Maret 2018

PENGARUH INKUIRI DAN PJBL BERSUMBER POTENSI LOKAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN SIKAP ILMIAH SISWA

PENGARUH INKUIRI DAN PJBL BERSUMBER POTENSI LOKAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, KETERAMPILAN PROSES SAINS, DAN SIKAP ILMIAH SISWA


Listia Adhayul Faridah1, Murni Sapta Sari2, Ibrohim2
1 Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Pascasarjana Universitas Negeri Malang
2 Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang
E-mail: listiaadhayulfaridah@gmail.com

Abstract: Biology learning in the 2013 curriculum emphasizes the development of holistic attitude, knowledge, and skills competencies. One way to develop these competencies is by applying a learning model based on a scientific approach, namely inquiry and PjBL. Both of these models have stages that can develop the three competencies. The purpose of this research is to know the influence of inquiry learning model and PjBL toward concept comprehension, scientific process skill, and scientific attitude. The type of this research is experiment using nonrandomized pretest and posstes control group design. The instrument of this research is the observation sheet of scientific attitude and scientific process skill, and concept comprehension test. Analysis of scientific attitude data using anova, data analysis of scientific process skills using kruskal wallis, and analysis of concept comprehension data using anacova. The result of analysis of anakova test obtained F count equal to 65,494 with significance level p (0,000) <α (0,05), Anova test result got χ2 count equal to 44,325 with significance level p (0,000) <α (0,05), test result Anova obtained F count equal to 26,795 with significance level p (0,000) <α (0,05). The three test results show that there are differences in scientific attitude, scientific process skills, and conceptual understanding between control class students and experimental class students.

Keywords: inquiry, PjBL, understanding concept, scientific process skill, scientific attitude.

Abstrak: Pembelajaran biologi pada kurikulum 2013 menekankan pada pengembangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara holistik. Salah satu cara untuk mengembangkan kompetensi tersebut dengan menerapkan model pembelajaran yang berbasis pada pendekatan saintifik, yaitu inkuiri dan PjBL. Kedua model ini memiliki tahapan yang dapat mengembangkan ketiga komptensi. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri dan PjBL terhadap pemahaman konsep, keterampilan proses sains, dan sikap ilmiah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan desain nonrandomized pretest dan posstes control grup. Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan sikap ilmiah dan keterampilan proses sains, serta tes pemahaman konsep. Analisis data sikap ilmiah menggunakan anova, analisis data keterampilan proses sains menggunakan kruskal wallis, dan analisis data pemahaman konsep menggunakan anacova. Hasil analisi uji anakova didapatkan F hitung sebesar 65,494 dengan taraf signifikansi p (0,000) < α (0,05), Hasil uji anova didapatkan χ 2 hitung sebesar 44,325 dengan dengan taraf signifikansi p (0,000) < α (0,05), Hasil uji anova didapatkan F hitung sebesar 26,795 dengan dengan taraf signifikansi p (0,000) < α (0,05). Ketiga hasil uji tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan sikap ilmiah, keterampilan proses sains, dan pemahaman konsep antara siswa kelas kontrol dengan siswa kelas eksperimen.

Kata kunci: inkuiri, PjBL, Pemahaman konsep, Keterampilan proses sains, Sikap ilmiah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar