Penerapan PBL dengan Suplemen Komik Digital terhadap
Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Peduli Lingkungan
Berliana Okta Aninda a, 1*, I Gusti Putu Suryadarma b, 2
a. Pendidikan Biologi Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No.1, Caturtunggal, Depok, Sleman, 55281, Indonesia
b. Pendidikan Biologi FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Jl. Colombo No.1, Caturtunggal, Depok, Sleman, 55281, Indonesia
1 berliana17@gmail.com*; 2
samodhaya@yahoo.com
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem-based Learning (PBL) dengan suplemen komik digital terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan di SMAN 1 Sedayu pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan pretest pos-test non-equivalent control group design. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Kelas X MIA2 dengan penerapan PBL disertai komik digital, kelas X MIA1 dengan penerapan PBL tanpa komik digital, kelas X MIA4 dengan penerapan pembelajaran konvensional disertai komik digital, dan kelas X MIA3 sebagai kelas kontrol. Data kemampuan pemecahan masalah diperoleh dari pretest dan post-test, sedangkan data sikap peduli lingkungan diperoleh dari angket. Instrumen penelitian berupa soal pretest dan post-test sebanyak enam soal, dengan validitas berada pada INFIT MNSQ ≥0,77 sampai ≤1,30. Data penelitian dianalisis menggunakan ANCOVA. Penerapan PBL dengan suplemen komik digital memberikan pengaruh yang terbaik terhadap hasil kemampuan pemecahan masalah dan sikap peduli lingkungan dibandingkan dengan penerapan PBL tanpa komik digital, penerapan pembelajaran secara konvensional ditambah dengan komik digital, dan kelas kontrol.
Kata kunci: komik digital, pemecahan masalah, problem based learning, sikap peduli lingkungan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar