Al-Ilmu

"Ambillah kebaikannya dan tinggalkan jika tidak sesuai tanpa mencelanya"

Jurnal Penelitian Pendidikan

Blog ini menyediakan: Jurnal-Jurnal Pendidikan, Prosiding, E-Book, serta Materi Kuliah yang free akses

Jumat, 02 Maret 2018

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DALAM KONSEP SISTEM INDERA PADA SISWA KELAS XI SMA

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA DALAM KONSEP SISTEM INDERA PADA SISWA KELAS XI SMA


Magfirah Rasyid1), Andi Asmawati Azis2), Andi Rahmat Saleh2)
1) Mahasiswa Jurusan Biologi, fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
2) Dosen Jurusan Biologi, fakultas MIPA, Universitas Negeri Makassar
Prangtambung Jl. Daeng Tata Raya No. 168, Makassar

e-mail: magfirah.fhira@gmail.com

Abstract: Instructional media can showed what the teacher can’t say with words, so that the abstract can be more real with the instructional media. This research is a research and development, aims to produce media-based learning multimedia wich is valid, effective and practical. This research use software Ashampoo MyAutoplay, concept of sense systems in Class XI MAN 2 Model Makassar. This research was conducted using the integrated development model Plomp with Luther's development model. The subjects were students of class XI IPA4 MAN 2 Model Makassar. Techniques of data collection in this study there are three, namely validity, obtained through a validation by the validator; effectiveness, acquired through learning achievement and students' response to instructional media; practicality, obtained by evaluation of instrument by validator. The results showed that the average value of the total validity of the validator is 3.6. Media effectiveness obtained student’s learning achievement showed 91.9% and student responses showed 91.6% o. Practicality media obtained from assessment validator with the results validity 3.7.

Keywords: research development, instructional media, sense systems.

Abstrak: Media pembelajaran dapat mewakili apa yang kurang mampu guru ucapkan melalui kata-kata, sehingga keabstrakan bahan dapat dikonkretkan dengan kehadiran media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia yang valid, efektif dan praktis. Penelitian ini menggunakan software Ashampoo MyAutoplay dalam konsep sistem indera pada Siswa Kelas XI MAN 2 Model Makassar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang diintegrasikan dengan model pengembangan Luther. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA4 MAN 2 Model Makassar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini ada tiga yaitu kevalidan, diperoleh melalui validasi oleh validator; keefektifan, diperoleh melalui hasil belajar dan respon siswa terhadap media pembelajaran; kepraktisan, diperoleh dari instrumen penilaian oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kevalidan yaitu 3.6. Keefektifan media dari hasil belajar siswa sebesar 91.9% dan respon siswa sebesar 91,6%. Kepraktisan media diperoleh dari penilaian validator dengan nilai kevalidan 3.7.

Kata kunci: penelitian pengembangan, media pembelajaran, sistem indera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar