PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MAHASISWA
Zainul Mustofa 1, Anna Jarrotul Khoiriyah 1, Indah Sulistiyawati 1, Diah Harmawati 1 dan Mimien Heni Irawati Al Muhdhar 2
1 Pascasarjana Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang no. 5 Malang
2 Jurusan Biologi-FMIPA, Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang no. 5 Malang
E-mail: zainulmustafa32@yahoo.co.id
Abstract: This research aims at improving students' problem solving skills. The type of research used is Classroom Action Research by implementing Lesson Study-based Problem Based Learning strategy as an effort to improve students’ problem solving skills. This study was conducted for 1 cycle consisting of two meetings. The results of this research show that LS-based PBL strategy can improve students' problem solving skills, from 30% during observation to 93%. The data of students' average problem solving skill scores reached 80.07. The achievement of this score has met the minimum standard score of State University of Malang, which is 55.00. Based on these results, learning by using LS-based PBL strategy can improve students' problem solving skills.
Keywords: classroom action research, problem-based learning, lesson study, problem-solving skills
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan strategi Problem Based Learning berbasis Lesson Study sebagai usaha untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah mahasiswa. Penelitian ini diterapkan dengan 1 siklus yang terdiri atas dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran PBL berbasis LS dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah mahasiswa, dari 30% saat observasi menjadi 93%. Data nilai keterampilan memecahkan masalah mahasiswa rata-rata mencapai 80,07. Capaian nilai tersebut telah memenuhi KKM Universitas Negeri Malang, yaitu 55,00. Berdasarkan hasil tersebut, pembelajaran dengan menggunakan PBL berbasis LS dapat meningkatkan keterampilan memecahkan masalah mahasiswa.
Kata kunci: penelitian tindakan kelas, problem based learning, lesson study, keterampilan memecahkan masalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar